12 views

Kebun Buah Mangunan (Imogiri, Bantul)

Malioboro Pos

Hal yang paling menarik dari wisata Kebun Buah Mangunan tentu saja pemandangan Pegunungan Sewu dan Sungai Oyo yang menyatu membuat pemandangan yang sangat indah, apalagi saat kamu mengunjungi tempat ini di waktu yang pas saat kabut kabut tebal menyelimuti pegunungan tersebut, akan terasa berada di negeri atas awan!

Berikut Beberapa Point Lainnya Hal Yang Menyenangkan Saat Berkunjung Ke Sini:

1. Udaranya sejuk dan pemandangannya luar biasa. Kebun Buah mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasi ini mulai dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada Tahun 2003 di atas seluas 23,3415 hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu.

2. Bisa melihat pantai Parangtritis dan kota Bantul dari satu lokasi. Wisatawan dapat menikmati pemandangan yang sangat indah dari Kebun Buah Mangunan yaitu Pantai Parangtritis pada bagian selatan, pemandangan Kota Bantul yang berada di bagian barat serta keelokan sungai Oya yang sangat curam. Banyak populasi monyet yang juga terdapat di lokasi ini dapat menjadi salah satu potensi wisata.

3. Bisa berlibur sekaligus mempelajari tumbuh-tumbuhan secara langsung. Potensi wisata yang bisa dilakukan wisatawan di sini adalah mengamati berbagai macam buah-buahan yang ditata dengan apik sesuai dengan kondisi kemiringan bukit mangunan antara lain durian, mangga, rambutan, jambu air, jeruk, sawo, duku, serta manggis. Di samping itu terdapat pula buah-buahan lain yang jumlahnya relatif sedikit seperti matoa, kelengkeng, jambu biji, cempedak dan belimbing. Untuk menambah kesejukan selain tanaman buah-buahan terdapat pula tanaman jati, king grass, pagar hidup berupa salak, magium dan pinus.

4. Melihat proses pembibitan sapi. Tujuan dari adanya pembibitan sapi ini yaitu selain untuk menambah populasi ternak sapi juga agar terjadi siklus yang berkesinambungan antara ternak sapi yang menghasilkan pupuk kandang untuk pemeliharaan tanaman buah-buahan di Kebun Buah Mangunan.

5. Fasilitasnya lengkap, antara lain penginapan/homestay, gedung pertemuan serta kolam renang.

Fasilitas Yang Tersedia Dilokasi Wisata Kebun Buah Mangunan
1. Outbond
2. Flying fox
3. Jembatan goyang
4. Bumi perkemahan
5. Penginapan
6. Reflying
7. Ruang pertemuan
8. Kolam renang anak-anak
9. Lahan pembelajaran pembibitan tanaman
10. Pembelajaran pembuatan pupuk
11. Lokasi untuk melamun
12. Aneka tanaman buah dan tanaman hias

Bisa dibilang Kebun Buah Mangunan adalah tempat wisata sarat edukasi. Karena berupa tempat agrowisata, maka pengunjung dapat mempelajari berbagai macam bentuk tumbuhan dan buah mulai dari pembibitan, cara tanam, dan sebagainya. Pengunjung juga bisa mengamati berbagai pohon buah yang ditata apik sesuai kemiringan Bukit Mangunan.

Follow Me :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.