6 views

Kebun Binatang Gembiraloka Zoo

Malioboro Pos

Di kota Gudeg Yogyakarta, berdirilah sebuah kebun binatang yang menyuguhkan berbagai pemandangan menarik seputar alam, satwa, wahana permainan dan berbagai hiburan lainnya. Gembira Loka Zoo, kebun binatang yang terletak di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di antara jalan Kebun Raya dan jalan Veteran ini telah berhasil menarik banyak wisatawan, baik domestik maupun luar negeri.
Gembira Loka Zoo dalam beberapa tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang sangat pesat. Tempat ini memang memiliki daya tarik tersendiri sehingga membuat para wisatawan hobi untuk berkunjung di tempat  yang penuh dengan wahana permainan ini. Kebun raya ini kini menjadi salah satu tempat wisata yang ‘sangat diperhitungkan’ oleh para wisatawan saat berada di Yogyakarta.

Saya sendiri punya banyak cerita menarik tentang Gembira Loka Zoo, dengan berbagai keistimewaannya, kuliner yang mantab dan tentunya berbagai wahana serta atraksi menarik satwa-satwa disana.

Lalu, apa saja keistimewaan kebun binatang Gembira Loka ini? Yuk, ikuti cerita saya selanjutnya 🙂

Sejarah Berdirinya Gembira Loka Zoo

Pada saat itu, ide awal pembangunan Kebun Binatang dan Kebun Raya Gembira Loka berasal dari keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1933 dimana beliau berencana membangun sebuah tempat hiburan yang dinamakan dengan Kebun Rojo. Hal ini juga semakin dikuatkan saat usai perang dunia II tahun 1949, dimana Ibukota negara yang dari Yogyakarta kembali lagi ke Jakarta, tercetus ide untuk membangun sebuah tempat hiburan sebagai kenang-kenangan untuk masyarakat Yogyakarta. Dipelopori oleh Januismadi dan Hadi, SH., ide ini disambut antusias oleh masyarakat namun realisasinya saat itu belum terlihat. Akhirnya, di tahun 1959, KGPAA Paku Alam VIII menunjuk Tirtowinoto untuk melanjutkan pembangunan Gembira Loka. Dipilihnya Tirtowinoto karena yang bersangkutan dinilai memiliki kecintaan terhadap alam dan minat yang besar terhadap perkembangan Gembira Loka. Sumbangsih Tirtowinoto pada saat itu tidaklah sedikit, baik dalam hal pemikiran maupun material karena terbukti mampu membawa kemajuan yang pesat bagi Gembira Loka. Puncaknya di tahun 1978, koleksi satwa yang dimiliki semakin lengkap sehingga pengunjung Gembira Loka saat itu telah mencapai 1,5 juta orang. Wow, sejarah perkembangan yang luar biasa.

Gembira Loka Zoo kini Lebih Mempesona

Tahukah Anda bahwa Gembira Loka yang sekarang sangat berbeda dengan Gembira Loka yang dulu? Dulu satwanya monoton, tidak ada penambahan satwa baru hingga beberapa tahun. Arena bermainnya terbatas. Kapal di danaunya juga sudah usang dan tak menarik. Cat bangunan yang memutari tempat wisata tersebut juga sudah pudar karena sudah lama tidak diadakan renovasi. Tapi sejak diadakan pemugaran besar-besaran, Gembira Loka menjadi tempat wisata yang lebih unik, spesial dan menyenangkan. Keseriusan pengelola kebun binatang Gembira Loka ini terlihat dari penataan ruang yang begitu ciamik, suguhan alam yang begitu menarik, variasi satwa yang semakin beragam dan unik serta Informasi mengenai binatang yang dipamerkan juga lebih lengkap dan representatif.

Suguhan ‘Wisata Edukasi’ Bagi Para Pengunjung

Bukan hanya wisata alam yang disuguhkan oleh Gembira Loka Zoo. Berbagai ilmu juga akan Anda dapatkan ketika berkunjung di kebun binatang ini. Saat memasuki tempat ini, bangunan pertama yang Anda temui adalah sebuah museum, bukan kandang berjeruji berisi binatang buas seperti kebun binatang lain pada umumnya. Museum atau laboratorium edukasi alam ini menampilkan banyak suguhan seputar varietas flora dan fauna yang ditata dalam beberapa pigura raksasa yang sangat menarik. Contoh satwa yang dipamerkan adalah berbagai jenis serangga, burung, harimau dll. Disana juga dipamerkan berbagai tanaman langka dari berbagai belahan dunia untuk memperkaya ilmu para pengunjungnya. Tidak lupa juga bahwa setiap jenis/spesies yang terpampang juga dilengkapi dengan informasi nama satwa/tanaman tersebut sehingga setiap pengunjung dapat memahaminya secara langsung.

Selain museum yang isinya ditata seperti layaknya laboratorium edukasi alam, kebun binatang Gembira Loka juga mempunyai tempat budidaya ternak dan tumbuhan. Budidaya tersebut dikelola secara profesional dengan tenaga yang memang ahli di bidangnya. Tidak menutup kemungkinan jika di masa depan, budidaya ternak dan tumbuhan ini dapat memenuhi kebutuhan flora dan fauna bagi kebun binatang lainnya di Indonesia.

Ledakan “Variasi Satwa” di Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Anda menyuguhkan berbagai satwa menarik yang belum tentu ada di tempat lainnya. Cukup datang ke Gembira Loka, Anda sudah bisa menyaksikan “the world’s largest living lizard” yang masuk dalam daftar UNESCO world heritage. Pada periode tahun 1992 hingga 1996, Gembira Loka menjadi tempat penangkaran komodo ex situ (di luar habitat aslinya) yang paling berhasil sehingga mendapatkan penghargaan pada Konferensi Komodo Dragon tahun 1998 di Thoiry, Paris. Wow, sebuah prestasi yang sungguh mengagumkan.

Komodo dragon hanyalah salah satu koleksi disana. Gembira Loka juga memiliki berbagai koleksi satwa lainnya seperti koleksi ular, katak dari berbagai negara, kaiman, soa, kura-kura, dan biawak. Aneka hewan lain seperti gajah, orang utan, harimau, macan, monyet, onta, burung, rusa, Kijang, zebra hingga kudanil juga dapat ditemui di tempat ini. Khusus Gajah dan Onta bisa dijadikan sebagai hewan tunggang yang dapat membawa Anda berjalan-jalan dalam area khusus.

Pilih ‘Wahana Hiburan’ Sesuai Selera Anda

Berbicara mengenai wahana hiburan di Gembira Loka, Anda dapat memilih berbagai macam permainan menarik, seperti : Kapal Katamaran, Speed Boat, Skuter Air, Perahu Kayuh, Sepeda Air, Perahu Senggol, Kano Air, Banana Orca, Kolam Tangkap, Terapi Ikan, Sirkuit ATV, Perahu Gethek, Kereta Keliling (Taring), Taman Labirin dan berbagai permainnya lainnya.

Jika Anda menghendaki wisata air yang ringan dan tidak terlalu ekstrim, silahkan naik perahu Senggol dan Kano air di danau buatan yang lebih kecil. Selain itu, berbagai wahana kolam juga tersedia disana, diantaranya kolam tangkap, terapi ikan, kolam sentuh, dan kolam araphaim yang sayang untuk Anda lewatkan. Kolam tangkap sangat digemari anak-anak karena mereka bisa bermain sambil belajar menangkap ikan. Sementara kolam araphaima membuat pengunjung seperti berada di dalam laut karena terdapat ikan-ikan super besar yang meliuk-liuk di dalamnya bahkan lengkap dengan pemandangan terumbu karang yang luar biasa indah.

Welcome to Bird Park “Taman Burung” Gembira Loka Zoo

Gembira Loka Zoo Yogyakarta juga memiliki wahana khusus yaitu Bird Park (Taman Burung). Wahana Bird Park merupakan lokasi paling lengkap diantara semua wahana yang ada disana. Terdapat sedikitnya 60-an jenis burung dan lebih dari 340-an ekor satwa aves yang diantaranya seperti elang, pelikan, cendrawasih dan pecuk hitam. Salah satu koleksi paling menarik di Bird Park ini adalah burung flamingo dan pinguin jackas. Pinguin jackas merupakan pinguin jenis subtropis yang berasal dari Afrika Selatan. Oh ya, untuk memasuki Bird Park ini, setiap pengunjung wajib menggunakan cairan disinfektan di telapak tangan yang tersedia di depan pintu masuknya agar steril saat berada didalamnya sehingga Anda tidak akan mudah terjangkit penyakit. Semua dipersiapkan demi kenyamanan dan kesehatan pengunjung Gembira Loka Zoo.

Cafe Kuliner di Atas Danau “Mayang Tirta”

Berputar-putar mengelilingi kebun binatang Gembira Loka tentunya membuat Anda haus dan lapar. Jangan khawatir, di Gembira Loka ada sebuah café unik dan menyenangkan yang akan memanjakan perut Anda. Wahana ini berupa bangunan berbentuk kapal megah yang terletak di tengah danau buatan. Café Mayang Tirta menyediakan banyak pilihan menu makanan yang pastinya sesuai selera perut Anda. Sambil menikmati makanan yang dihidangkan, Anda juga dapat menyaksikan performa live band yang akan menyuguhkan berbagai lagu kesukaaan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati hari yang cerah dengan menyaksikan kapal-kapal yang melintasi danau tersebut. Kapal Kataraman Dugong dengan desain full colors tampak gagah mengangkut banyak penumpang untuk menikmati keindahan alam dari atas air yang melaju dengan pelan. Ada pula perahu boat yang melaju kencang sehingga menyebarkan percikan air kemana-mana. Banana Orca pun tak kalah menariknya, membawa rombongan orang secara gesit meliuk-liuk diatas air hingga membuat pengunjung lain terpesona melihatnya (konsepnya mirip Banana Boats yang ada di Bali). Dari kejauhan, terlihat juga anak-anak tertawa riang bermain perahu kayuh/bebek kayuh bersama orang tuanya. Mantab benar tempat wisata ini, semua tersedia sesuai dengan selera pengunjung.

Lihat Keunikan Lain di “Taman Reptil dan Amfibi”

Gembira Loka menawarkan sebuah area yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, yaitu Taman Reptil. Anda bisa menikmati berbagai koleksi hewan melata yang cukup lengkap disini. Konsep uniknya adalah berupa pameran beberapa etalase besar berisi katak, diantaranya katak minyak, katak hidung panjang, katak bertanduk dsb. Selanjutnya, pengunjung juga bisa melihat berbagai macam kadal yang eksotis. Setelah itu, para pengunjung akan disambut dengan bermacam jenis reptil lainnya, seperti kura-kura, ular, dan berbagai jenis biawak. Semua reptil yang dipamerkan memiliki tempat hidup yang memadai sehingga membuat mereka merasa nyaman, walaupun menjadi tontonan ribuan pengunjung setiap harinya.

Bayar Seikhlasnya, Bisa “Foto Bareng Satwa”

Jangan lupakan hal menarik ini. Yuk foto bersama mereka, si satwa lucu yang tentunya sudah jinak, bisa Anda pegang dan diajak berpose bersama. Anda ingin foto bersama Ular Boa yang melingkari tubuh? Atau sekadar berpose iseng bareng iguana dan kura-kura? Silahkan saja. Ada juga sesi foto bersama burung hias dengan warna tubuh yang sangat menarik. Selain jinak, ada juga mbak dan mas pawang yang akan membantu Anda untuk melakukan foto dan mengarahkan posisi terbaik agar satwa juga nyaman dipegang dan tentunya menghasilkan foto yang menarik. Untuk berfoto bersama ular, biayanya sebesar Rp.15.000,- dan foto langsung dicetak. Untuk foto bersama Iguana tidak dipungut biaya. Namun disana telah disediakan kotak uang jika ada pengunjung yang ingin memberikan uang seikhlasnya.

Mampir Sejenak Nonton ‘Atraksi Satwa Terampil’

Ketika Anda sudah berkeliling taman Gembira Loka sekitar 75%, jangan lupa mampir kesini. Mungkin tempat yang satu ini sering terlewatkan karena areanya memang berada di belakang dan tidak selalu dilewati oleh pengunjung. Gembira Loka memiliki Gelar atraksi Satwa pintar dan terampil, dimana Anda dapat melihat berbagai keterampilan satwa-satwa spesial di panggung hiburan. Beberapa satwa yang beraksi adalah kakaktua jambul kuning, linsang, burung kangkareng, julang emas, beruang madu dan orangutan. Jika datang pada jam yang tepat, Anda dapat menyaksikan pertunjukan aneka satwa lucu tersebut, mulai dari orang utan naik sepeda, beruang madu yang lincah naik sepeda dan berjoget riang, burung kakaktua yang bisa berhitung, hingga berang-berang bermain bola. Berbagai satwa lain juga bisa bermain mobil-mobilan, naik sepeda, melompati juggling bola, memasukkan bola ke ring mini dan berbagai atraksi menarik lainnya. Dengan durasi lebih kurang 30 menit, teater ini  selalu dipenuhi oleh orang dewasa dan anak-anak yang menyaksikan pertunjukan tersebut.

“Waktunya Makan” bagi Satwa Gembira Loka Zoo (Feeding Time)

Di Gembira Loka ada waktu khusus dimana para satwa diberi makan. Apabila Anda ingin menyaksikan saat satwa-satwa tersebut makan, maka Anda harus datang di waktu yang tepat. Gembira Loka memberi Anda kesempatan khusus untuk melihat feeding time empat satwa yang paling seru disana, yaitu :

  1. Harimau. Keseruan harimau feeding time dapat Anda lihat setiap hari Minggu pukul 12.00.
  1. UlarPython. Ular python yang besar juga punya feeding time, dapat Anda saksikan setiap hari pukul 11.30.
  1. Simpanse.Satwa pintar ini dapat Anda lihat feeding timenya setiap hari pukul 10.30.
  1. Arapaima. Ingin menyaksikan dahsyatnya ikan tawar terbesar di dunia ini ketika makan? Yuk datang kesini setiap hari pukul 11.00.

Di Gembira Loka ada larangan keras memberi makan dalam bentuk apapun ke semua satwa disana, kecuali di kandang rusa dan kijang.Hanya dengan memasukkan uang Rp.1.000 ke kotak yang tersedia, Anda bisa memberi makan rusa dan kijang dengan kangkung yang sudah tersedia diluar kandang.

Keunggulan Gembira Loka Zoo Dibalik Jargon “Bukan Sekedar Rekreasi”

Gembira Loka memiliki jargon “Bukan Sekedar Rekreasi”. Apa artinya? Ya, tentunya ini memberikan arti bahwa kebun binatangGembira Loka bisa memanjakan Anda dengan berbagai wahana rekreasi istimewa yang cuma satu-satunya di Yogyakarta. Jargon ini juga mengandung makna bahwa Gembira Loka memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan kebun binatang lainnya yang ada di Indonesia, diantaranya adalah :

  1. Gembira Loka Zoo bukan hanya menawarkan wisata satwa, namun juga unggul dalam wisata alam (keindahan alamnya), wisata edukasi (adanya museum flora dan fauna serta penamaan setiap satwa/tanaman tertulis jelas), wisata Air (berbagai wahana permainan air), Wisata Penyembuhan (terapi ikan dengan memasukkan kaki di kolam berisi ikan pemakan kulit ari), Wisata Kuliner (Banyak penjual makanan dan café) dan berbagai fasilitas lainnya.
  2. Gembira Loka Zoo memiliki banyak wahana yang sangat baik pengelolannya sehingga pengunjung merasa nyaman dan aman saat berada di wahana permainan serta tidak perlu terlalu lama mengantri karena media permainan yang disediakan lumayan banyak jadi dapat menampung banyak orang dalam 1 waktu.
  3. Gembira Loka Zoo memiliki kereta keliling yang memudahkan pengunjung untuk melihat berbagai koleksi satwa dan wahana hiburan tanpa harus lelah berjalan kaki. Selain itu, ada pula Kapal Kataraman Dugong yang akan membawa Anda menuju tempat keluar lebih cepat jika Anda sudah capek berjalan kaki mengelilingi kebun raya ini.
  4. Gembira Loka Zoo menghadirkan berbagai wahana permainan dan hiburan yang dipatok dengan harga terjangkau, termasuk tiket masuknya sehingga tidak memberatkan pengunjung.
  5. Gembira Loka Zoo memiliki satwa import spesial “pinguin” yang hadir pada pertengahan tahun 2014 ini. Sangat spesial karena jenis satwa ini jarang dimiliki oleh kebun binatang lainnya di Indonesia.
  6. Gembira Loka Zoo memiliki manajemen pengelolaan yang sangat rapi sehingga segala hal yang ada disana sungguh tertata sangat baik, enak dipandang mata dan berbagai fasilitasnya sangat memanjakan seluruh pengunjung. Obyek utama disini, yaitu satwanya berkembang biak dengan baik dan memiliki kesehatan yang sangat terjaga karena setiap satwanya dirawat sesuai standar yang berlaku. Standar keamanan untuk setiap satwa juga terjaga ketat dan keselamatan pengunjung pun terjamin.
  7. Gembira Loka Zoo disosialisasikan sangat baik oleh tim manajemen yang handal. Salah satunya terbukti pada iklan Gembira Loka Zoo yang ada di semua kendaraan transportasi umum Jas Taxi. Hasilnya sungguh luar biasa. Transportasi umum yang per menitnya banyak berlalu lalang di setiap pelosok Jogja ini sering diperhatikan oleh masyarakat sehingga mereka semakin mengenal Gembira Loka Zoo dan semakin menarik minat masyarakat luar Jogja untuk berwisata di tempat ini.

Gembira Loka, berdiri di Rejowinangun, Kotagede, Kota Yogyakarta, D.I. Yogyakarta menjadi obyek wisata sangat strategis dan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Suasana kebun raya yang teduh, berudara segar dan dipenuhi pohon rindang menjadikan tempat ini nyaman untuk berwisata bersama keluarga ataupun teman-teman Anda.

Tiket masuk hanya murah, berkisar Rp.20.000 per orang. Namun ada pula harga khusus di hari-hari tertentu dan diskon rombongan. Berikut tincian tiket masuknya :

Setiap pengunjung yang membeli tiket akan langsung mendapatkan Peta (Map) Gembira Loka Zoo agar memudahkan mereka untuk mengelilingi seluruh area kebun binatang ini. Berikut petanya :

Demikianlah yang dapat saya sampaikan. Silahkan berbagi pengalaman jika Anda pernah berkunjung di Gembira Loka Zoo. Bagi Anda yang belum pernah kesini, pastinya penasaran dengan suguhan keindahan alam dan keunikan satwanya. Jangan lupa berkunjung saat Anda sedang berlibur di Yogyakarta. Gembira Loka Zoo adalah salah satu tempat rekreasi wisata nasional namun hadir dengan kualitas internasional.

Selamat berlibur. Semoga bermanfaat 🙂

Salam, Riana Dewie

Follow Me :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •