40 views

Desa Wisata Pentingsari (Sleman)

Malioboro Pos

Di Yogyakarta memang cocok sebagai destinasi liburan dari penatnya ibukota. Suasana tradisional selalu dapat mengobati kejenuhan. Salah satu objek wisata yang pas adalah Desa Wisata Pentingsari di kaki lereng Merapi.
Paket Wisata Pedesaan Meliputi: Belajar Menari, Belajar Gamelan, Belajar membatik, Membajak sawah, Mengembala kerbau dan bebek, Menanam padi, Outbound di Pedesaan, Tracking di pedesaan, Menginap di Homestay Pedesaan, Wisata perkebunan, Atraksi Kesenian
Kegiatan di desa wisata seperti diatas dapat di temui di desa wisata di jogjakarta seperti:
Desa wisata kelor,Desa wisata tembi rumah budaya, Desa wisata Sambi, Desa wisata Pentingsari, Desa wisata mangunan, Desa wisata kasongan sentra gerabah,Desa Agrowisata Turi Sleman, dan Wisata Susur Goa di Gunung kidul.
Kegiatan disana kita akan praktek membatik tulis, diawali setiap peserta diberi sehelai kain katun, kemudian secara berkelompok menyalakan kompor dan wajan untuk memanaskan lilin malam, peserta menggambar desain/motif batik di kain pakai pensil selanjutnya malam yang sudah cair dimasukkan ke dalam canting dan menorehkan canting yang berisi malam tersebut mengikuti jejak pensil, setelah selesai kain bermotif yang sudah diberi malam dibasahkan air dan direndam pada larutan naptol (hijau kekuningan) lebih kurang 2-5 menit, selanjutnya masukkan ke larutan garam warna agar kain batik berwarna, selanjutnya dibilas dengan air bersih dan akhirnya lilin malam pada kain harus dirontokkan dengan cara direbus pada larutan soda abu agar lilin malam rontok dan motif akan terlihat putih karena kain tersebut tadinya ditutupi malam menghalangi warna batik, bilas bersih.

Follow Me :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.